>
Desain Kos Putra

Ingin Tahu Cara Merencanakan Kos-kosan Yang Baik dan Nyaman? Perhatikan Tips Berikut

Perencanaan layout kos-kosan yang baik dapat menarik konsumen yang ingin ngekos. Biasanya yang dibidik sebagai konsumen kos-kosan adalah para mahasiswa. Siapa diantara kita yang belum pernah jadi mahasiswa? umumnya kita pernah. Mahasiswa biasanya mencari kos-kosan yang murah, bagus, bersih dan nyaman. Maka rencanakanlah desain kos-kosan yang baik.

Mungkin ada yang bertanya? Gimana ya cara mendesain kos-kosan yang baik ya. Sebenarnya tidaklah sulit, tinggal dibayangkan saja kebutuhan kamar kos yang diperlukan, ukuran berapa, letaknya dimana, jumlahnya berapa dan seterusnya. Nah, jika sudah punya gambaran, ambil selembar kertas mulailah disket layout kos-kosan tersebut di kertas. Gambar tidak harus bagus, maklumlah kita bukan seorang arsitek, yang penting sket kos-kosan tersebut jelas. Kemudian Anda bisa meminta pendapat kepada orang lain tentang layout kos-kosan yang sudah Anda buat. Ide dari orang lain kadang sangat bermanfaat untuk masukan bagi kita. Setelah mantap dengan desain kos-kos Anda, mulailah memikirkan tahap pembangunannya. Namun jika belum mantap, maka Kami siap membantu Anda dalam merencankan kos-kosan Anda sekalian pembangunannya, Maaf ya, sekalian promosi, namanya juga usaha, wkwkwkwkwk. Bagi yang serius ingin terjun di dunia kos-kosan kami punya strategi khusus untuk Anda yang ingin memulai bisnis kos-kosan, baca artikel “Nilai Strategis Desain Bangunan dalam Usaha Bisnis Kos-Kosan

Desain Kos Putra

Desain Kos Putra

Kos-kosan yang baik tidak identik dengan biaya yang besar lagi mahal, namun bagaimana kita menciptakan suasana nyaman di tempat kos tersebut agar penghuni kos betah tinggal di rumah kos. Seperti contoh desain kos-kosan karya kami beberapa waktu yang lalu, baca artikel “Desain Gambar Kerja Kos-Kosan Satu Lantai Ekonomis“.

Ada beberapa faktor penting yang harus Anda ketahui dalam merencanakan kos-kosan yang baik dan nyaman.
1. Perhatikan Ventilasi dan Sirkulasi Udara Kamar Kos Anda
Siapa diantara kita yang tidak menginginkan udara yang bersih dan sehat? tentu kita semua ingin. Nah,Agar kamar kos dapat memiliki udara yang bersih tentu perencanaan ventilasi kamar kos yang baik tentu perlu diperhatikan. Diantaranya dengan memberikan lubang ventilasi yang letaknya searah dengan sisi dinding luar. Bisa berupa jendela atau roster, maksudnya searah adalah angin yang masuk dari lubang sisi dinding depan akan keluar dari lubang sisi dinding belakang, sehingga udara di dalam kamar kos dapat terganti dengan udara baru menjadikan sirkulasi udara lancar.

2. Perhatikan Pencahayaan Alami di Kamar Kos
Cahaya merupakan sumber kehidupan, pencahayaan yang kurang baik dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit. Jika pencahayaan kurang pada sebuah ruangan maka nyamuk akan menjadikan sebagai sarang. Bahkan bisa juga muncul mahkluk makhluk lain di dalam kamar tersebut. Ini bukan nakut-nakuti lo ya.., tapi memang demikian kenyataanya. Pencahayaan alami bisa dilakukan dengan mengganti genteng biasa menjadi kaca

3. Perhatikan Sanitasi Air Bersih Maupun Pembuangan Air Kotornya
Air bersih dan sehat harus tersedia di tempat kos. Air yang sehat tidak memiliki warna, tidak ada bau, tidak memiliki rasa dan segar jika digunakan. Maka disini perlu di perhatikan dimana mengambil sumber air bersihnya, apakah menggunakan sumur ataukan PDAM. jika menggunakan sumur perlu adanya pompa untuk menaikan air kedalam tandon, jika menggunakan PDAM tidak harus menggunakan tandon, namun jika PDAM dead alias mati, maka habislah kita, aka pilihlah PDAM yang terpercaya. Kemudian untuk saluran pembuangan harus direncanakan dengan baik, jangan sampai air bersih tercampur dengan air kotor. Ini terjadi biasanya karena letak sumur air bersih dan sumur resapan terlalu dekat, sehigga sumur air bersih tercemari air kotor.  Saluran Air kotor yang perlu perhatikan adalah di kamar mandi, dapur dan tempat cuci. Pastikan sudah dipasang floor drain untuk menyaring kotoran yang masuk pada saluran dan juga bak kontrol yang digunakan untuk mengontrol saluran apabila tersumbat. Saluran pembuangan air hujan juga perlu diperhatikan, jangan sampai nanti kamar kos Anda kebanjiran gara-gara tidak ada perencanaan yang baik. wkwkwk

4. Tempat Parkir Luas dan Aman
Meskipun menjadi anak kos, zaman sekarang ini kendaraan sudah menjadi kebutuhan pokok mereka. Maka dari itu perlu diperhatikan tempat untuk parkir kendaraan para penghuni kos. Selain tempat yang cukup untuk parkir kendaraan, faktor keamanan juga perlu diperhatikan. Tempat parkir umumnya berada dibagian depan kos-kosan, maka dari itu jika tempat parkir adalah ruang terbuka diharapkan sudah ada pagar pembatasnya, artinya ruang parkir terbuka tersebut berada di dalam pagar. Namun jika tertutup seperti garasi, maka pintu garasi dapat langsung berhubungan dengan jalan. hal ini dimaksud agar pencurian kendaraan penghuni kos dapat diminialisir.

5. Adanya Tempat Cuci, Jemur dan Dapur Umum
Kebutuhan ruang yang juga penting untuk diperhatikan  adalah adanya tempat untuk cuci, jemur dan dapur umum. Tempat cuci bisa ditempatkan di dekat kamar mandi, sedang tempat jemur berada di sudut lahan, sedangkan dapur berada di belakang. Usahakan 3 Ruang tersebut tidak terlihat dari depan agar tidak mengganggu pemandangan. Kan gak lucu begitu masuk bangunan kos-kosan tercium bau tidak sedap akibat dapur atau adanya penampakan berbagai jenis jemuran dengan aneka warna dan coraknya, malah dikira jualan nanti, hehehehe..
Mungkin ada yang nyeloteh, sekarang kan sudah banyak laundry, dilaundry aja. Bagi yang punya uang tentu hal itu tidak masalah, namun jadi masalah bagi yang uang bulanan kos-kosan mepet. Kayak kita dulu.. Wkwkww

6. Menentukan Jumlah Kamar Mandi atau WC
Berikutnya adalah menentukan jumlah kamar mandi yang ada. Jika kamar mandi tersebut berada di luar kamar dan berjumlah 10 buah, idealnya  kamar mandi atau WC bisa dibuat 5 buah, artinya 2 orang untuk 1 kamar mandi, namun jika ingin angka minimal, maka 4 buah tidak mengapa. Jangan sampai sesama penghuni kos saling berantem karena rebutan kamar mandi. Namun jika 1 kamar kos sudah ada kamar mandi dalam tentu itu lebih baik.

Demikian beberapa tips bagi Anda dalam merencanakan kos-kosan, semoga bermanfaat, tunggu tips desain berikutnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share