>
Gambar Kerja Denah Kos-kosan

Nilai Strategis Desain Bangunan dalam Usaha Bisnis Kos-Kosan

Zaman sekarang ini, hampir di setiap kota dapat kita jumpai kawasan yang padanya banyak terdapat bangunan dengan banyak kamar yang disewakan. Atau yang lebih sering disebut dengan rumah kost. Biasanya rumah kost ini sangat mudah dijumpai pada kawasan sekitar kampus atau perkantoran.

Anda pernah jadi anak kost? Mungkin sebagian besarnya kita pernah jadi anak kost. Tidak asing lagi jika sebagai anak kos-kosan, per bulannya kita mesti bayar uang sewa kamar kost. Jika kita memiliki 10 kamar yang disewakan, dan tarif sewa per kamar adalah 750.000. Maka dalam sebulan omzet dari usaha sewa kost adalah 7.500.000. Tentunya bisnis ini cukup menjanjikan. Tidak heran jika ada yang mengatakan bahwa usaha rumah kost ini sebagai lahan sawahnya orang kota.

Gambar Kerja Denah Kos-kosan

Gambar Kerja Denah Kos-kosan

Hasil yang besar tentunya membutuhkan modal yang sepadan. Sebagai pebisnis, tentulah balik modal dan keuntungan yang berlipat lah yang didamba untuk didapatkan. Masak mau rugi? Nggak lah yaa… Makanya perlu perencanaan dan persiapan yang mapan untuk memulai bisnis rumah kost ini. Beberapa poin berikut ini semoga bisa menjadi wacana bagi Anda yang berminat untuk menginvestasikan modal pada bidang ini.

1. Pemilihan Lokasi
Ini adalah modal yang penting dalam memulai bisnis rumah kost. Target sasaran dari usaha rumah kos-kosan adalah pelajar atau mahasiswa, pekerja kantoran, pekerja pabrikan. Apabila Anda sudah memiliki lahan di kawasan padat mahasiswa atau pekerja, Anda telah memiliki satu modal yang besar. Jika Anda belum memilikinya, segera pilih lokasi yang strategis. Pertimbangkan kemudahan akses dari lahan calon kost-kostan Anda ke tempat-tempat yang dibutuhkan semisal ke kampus, kawasan perkantoran, kawasan belanja, dan sebagainya. Soo…jangan sampai Anda sampai salah pilih lokasi di tengah ladang atau hutan. Okayy?

2. Desain Bangunan
Berpindah ke poin berikutnya adalah desain bangunan rumah kost. Bentuk bangunan, fasilitas yang disediakan dalam rumah kos-kosan akan berpengaruh pada besarnya nilai sewa kamar kos. Kamar kost akan menjadi tempat tinggal sehari-hari bagi penyewa kamar kos. Harapannya penyewa mendapat kenyamanan, merasa betah tinggal di kamar kost. Desain kamar kost bisa disesuaikan dengan budget modal Anda. Yang penting untuk diperhatikan dalam desain adalah penataan atau lay out kamar kos. Yaitu berapa jumlah kamar yang hendak dibuat, bagaimana pengaturannya. Mungkin Anda berpikir, semakin banyak kamar akan semakin banyak keuntungan yang didapat. Namun hendaknya jangan mengesampingkan faktor kenyamanan bagi para penghuni kama kost nantinya. Oleh karena itu buatlah denah lay out yang bagus dengan mempertimbangkan akses keluar masuk, sirkulasi udara, pencahayaan.

Desain bangunan rumah kost yang bergaya modern minimalist mungkin bisa sesuai dengan budget modal yang terbatas. Idealnya, luas kamar kos adalah 3x3m², atau minimalnya 2,5x3m2, masing-masing memiliki akses sirkulasi udara dan pencahayaan alami. Untuk lokasi laham yang berada i kawasan padat bangunan, bisa disiasati dengan desain taman terbuka di bagian tengah bangunan.

3. Ketersediaan Fasilitas

Penyediaan fasilitas pada rumah kost bisa disesuaikan dengan target pasar yang hendak dibidik. Misal untuk mahasiswa dengan kemampuan ekonomi menengah ke bawah, bisa memcukupkan dengan fasilitas standar seperti kamar kos, kamar mandi bersama. Untuk yang menengah ke atas mungkin didesain dengan penambahan ruang pantry atau dapur sederhana. Untuk yang eksklusif bisa dengan fasilitas kamar mandi dalam, AC, ruang tamu bersama, dan sebagainya.


4. Keamanan dan Privasi

Kebutuhan akan rasa aman adalah kebutuhan setiap orang. Karena ketika merasa aman, seseorang itu akan bisa beraktivitas dengan tenang sehingga efektif apa yang menjadi usahanya. Dan untuk kebutuhan privasi seseorang terkadang berbeda. Namun bisa kita olah rumah kost itu bisa menjamin privasi masing-masing penghuni tanpa berlebihan.

Nah, pada intinya bagaimana desain kos-kosan ditentukan oleh target pasar yang dibidik. Semakin lengkap fasilitas dan kenyamanan yang ditawarkan akan meningkatkan nilai harga sewa kamar kos. Namun perlu dicermati dan dipertimbangkan bahwa tidak lantas kemudian jika fasilitas minimal yang disediakan atau target pasar yang dibidik adalah yang kemampuan ekonomi menengah bawah kemudian Anda buat rumah kos dengan asal jadi. Namun pertimbangkanlah pengupayaan adanya faktor-faktor yang membawa kepada kenyamanan dan keamanan. Maka hendaknya dalam desain tetap mempertimbangkan aspek-aspek yang kenyamanan seperti besaran luas kamar, penghawaan alami, pencahayaan alami. Apabila anda mampu, bisa anda mulai membuat sket lay out rumah kost anda. Atau Anda bisa menggunakan jasa Arsitektur kami, sekalian promosi.. Hehehe, beberapa contoh desain kos karya kami bisa dilihat di web ini, klik disini,
Selamat berinvestasi, semoga Allah memberikan barokah kepada usaha Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share