>
Keuntungan Kontraktor

Rahasia Kontraktor Pelaksana Jasa Konstruksi dalam Mendapatkan Keuntungan

Mungkin ada yang belum tahu dari mana para kontraktor memperoleh keuntungan dari pelaksanaan jasa kontruksi yang telah mereka kerjakan? Berikut kami berikan rahasianya…

Keuntungan Kontraktor

Keuntungan Kontraktor

1. Keuntungan pertama dari penawaran RAB sebuah rumah yang dibuat oleh kontraktor. Disebutkan dalam dalam tata cara perhitungan harga satuan pekerjaan, pada point 3 yaitu persyaratan non teknis, bahwa perhitungan indeks bahan telah ditambahkan toleransi sebesar 15-20% dan di dalamnya termasuk angka susut yang besarnya tergantung dari jenis bahan, termasuk juga biaya langsung dan tidak langsung.

Dari keterangan di atas maka ketika Anda menghitung RAB sebuah proyek dengan biaya total misal sebesar satu milyar, maka bisa Agan kurangi sebesar 15%-20% dari biaya total tersebut . Misal diambil 15 % maka biaya total menjadi 850 juta. Agan mendapatkan keuntungan sebesar 150 juta.

2. Menurut pengalaman juga bahwasanya jika kita menghitung RAB SNI dengan menghilangkan biaya tenaga mandor pada analisa satuan pekerjaan, hal itu juga sudah mendapatkan keuntungan. Ini pernyataaan pengalaman salah seorang senior yang sudah 40an tahun bergerak dibidang kontruksi. Ini keuntungan kedua.

3. Belum lagi keuntungan dari metode kontruksinya seperti bahan yang bisa digunakan lagi untuk pekerjaan yang lain. Diambil contoh penggunaan bekisting kolom struktur, bekisting ini setalah selesai dikolom yang satu bisa dipake dikolom yang lain sehingga tidak perlu beli lagi membeli bahan lagi untuk membuat bekisting. Maka ini keuntungan ketiga.

4. Keuntungan keempat bisa diperoleh dari fee yang didapatkan dari toko material tempat langganan kita. Ketika Agan mendapat proyek, lalu memesan material di toko langganan, terkadang toko akan memberikan fee/discount karena telah membeli dalam jumlah banyak dan sering beli disitu.

5. Keuntungan yang lain lagi dari para kontraktor adalah keuntungan dari jasa pelaksanannya, biasanya sebesar 5-10% dari biaya proyeknya tergantung kesepakatan di awal. Coba Anda hitung, jika proyek senilai 1 milyar, maka kita ambil 5% saja, maka jasa pelaksanannya adalah 50 juta. Lumayan kan?

Demikian keuntungan-keutungan yang diperoleh dari seorang kontraktor. Barang kali ada yang mau menambahkan? Silahkan komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share