>

Struktur Pondasi Footplat dan Contoh Gambar Pelaksanaan

Struktur bangunan penting yang merupakan penyalur beban-beban yang berada di atasnya adalah pondasi. Semua beban-beban baik itu beban mati dan juga beban hidup dipikul oleh pondasi. Beban-beban yang dipikul oleh pondasi adalah mulai dari atap, didalam atap ada rangka atap, genteng, air hujan, beban hidup akibat tukang, kemudian balok yang mana balok memikul pelat juga beban hidup barang-barang perabot dan juga manusia, kemudian kolom yang merupakan penyalur dari beban atap balok serta pelat. Oleh karena itu desain pondasi haruslah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh peraturan yang ada.

pondasi cakar ayam baru dipasang

pondasi cakar ayam baru dipasang

Pondasi footplat ini banyak digunakan pada bangunan 2 lantai atau lebih. Karena memang beban yang dipikul pada bangunan 2 lantai lebih besar dibanding 1 lantai. Untuk ukuran pondasi footplat ini tergantung dari bentang balok dan juga jumlah lantainya. Semakin besar bentangan balok dan juga jumlah lantai maka semakin besar pula ukuran pondasi footplat dan ketebalannya.

pondasi cakar ayam siap dicor

pondasi cakar ayam siap dicor

Berikut kami berikan contoh pondasi footplat dari pengerjaan bangunan 2 lantai yang menggunakan tulangan 13 mm dengan jarak antar tulangan 10 cm. Untuk tebal footplatnya adalah 40 cm.

footplat yang dicor ditutup pake karung semen

footplat yang dicor ditutup pake karung semen

Baca juga: Download Gambar Kerja Pondasi Footplat

pondasi cakar ayam selesai dicor

pondasi cakar ayam selesai dicor

O ya, barangkali Anda ingin menggunakan jasa desain struktur kami, Wa Tim Idekreasirumah
Berikut contoh hasil laporan struktur jika menggunakan jasa kami disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share