>
Desain Tempat Wudhu dan Kamar Mandi Sisi Utara

Desain Tempat Wudhu dan Kamar Mandi Menyesuaikan Masjid Existing

Beberapa waktu yang lalu idekresirumah mendapatkan pekerjaan untuk mendesain tempat wudhu dan kamar mandi masjid dengan menyesuaikan fasad masjid yang sudah ada. Masjidnyapun sedang dalam tahap pengerjaan dan belum selesai. Berikut ini adalah deskripsi desain tempat wudhu dan kamar mandinya. Mari kita simak

Site Plan Masjid

Site Plan Masjid

Gambar diatas adalah gambar siteplan rencana masjid dan tempat wudhunya. Berdiri diatas lahan yang tidak beraturan dengan bentuk mirip segitiga. Tempat wudhu dan toilet ditempatkan disisi utara karena disitulah tempat yang paling ideal. Hal ini dimaksudkan agar fasad masjid dapat terlihat dari berbagai sisi dan tempat wudhu tidak menutupinya.

Masjid Exisiting Tampak Depan

Masjid Exisiting Tampak Depan

Gambar diatas adalah foto masjid existing dari tampak depan. Terlihat simpel sederhana dengan gaya tropis. Tempat wudhu dan toilet direncanakan berada di sisi kanan atau sebelah utara masjid.

Lokasi Tempat Wudhu Masjid

Lokasi Tempat Wudhu Masjid

Dan berikut ini adalah hasil desain tempat wudhu dan kamar mandi masjid. Bangunan tempat wudhu dan kamar mandi memiliki luas bangunan sekitar 2 x 8 meter. Tempat wudhu pria dan 2 toilet berada disisi utara sedang sisi selatan untuk jamaah putri. Terlihat ada tonjolan bata ekspos yang mana selain digunakan sebagai pemisah jamaah putri dan putra juga tempat menyimpan pompa dan genset, ruangan berukuran 1  x 2 meter.

Desain Tempat Wudhu dan Kamar Mandi Sisi Perpektif Kiri

Desain Tempat Wudhu dan Kamar Mandi Sisi Perpektif Kiri

Bagian atas tempat wudhu dan toilet rencana digunakan untuk tandon. Oleh karena itu atap dibuat agak tinggi. Tandon dibuat tertutup untuk menghindari adanya lumut yang menempel pada tandon. Untuk perawatan tandon dilakukan melalui tangga portable yang berada diruang pompa dan genset. Permainan roster merah, bata ekspos serta warna keramik coklat untuk menyeseuaikan fasad masjid exisiting.

Desain Tempat Wudhu dan Kamar Mandi Sisi Barat

Desain Tempat Wudhu dan Kamar Mandi Sisi Barat

Terdapat pula tulisan merah sebagai penanda nama masjid agar jamah dapat mengenalinya. Juga terdapat tiang tritisan segitiga guna mempercantik fasad tempat wudhu ini. Warna merah dengan warna coklat adalah warna yang serasi untuk dikombinasikan.

Desain Tempat Wudhu dan Kamar Mandi Sisi Utara

Desain Tempat Wudhu dan Kamar Mandi Sisi Utara

Tempat wudhu putri dibuat tertutup agar jamaah putri dapat wudhu dengan nyaman.

Ingin disesainkan? Hubungi segera tim idekreasirumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share