>
Fungsi Grounding

Apa itu Grounding?

Grounding memiliki fungsi sebagai pengaman terhadap tegangan ketika ada instalasi listik yang bocor. Selain itu grounding juga berfungsi sebagai pelindung dari sambaran petir. Apalagi sekarang ini untuk jenis meteran pulsa token listrik disarankan menggunakan grounding untuk menghemat biaya pulsa listrik.

Fungsi Grounding

Fungsi Grounding

Sangat penting bagi Anda terutama yang tinggal di rumah-rumah yang di bangun secara bersamaan untuk memasang grounding. Agar penghuni rumah dapat merasakan kenyamanan dari kemungkinan-kemungkinan bahaya yang sudah kami sebutkan di atas.

Cara paling sederhana membuat grounding sendiri adalah dengan memanfaatkan kolom beton yang ada di sudut rumah. Besi yang terdapat di kolom beton bagian bawahnya selalu menyentuh tanah sehingga tahanan pertanahnya berkisar < 1 ohm dan maksimal 5 ohm. Hal ini tergantung dari kedalaman tanahnya. Yang terpenting adalah besi yang terdapat dalam kolom tersebut. Karena itulah yang akan kita gunakan sebagai grounding.

Lalu apakah setiap rumah harus dipasang grounding?
Jawabannya sebaiknya iya, apalagi untuk daerah-daerah tertentu yang memiliki letak geografis dengan sering munculnya petir. Terkhusus lagi untuk rumah 2 lantai atau lebih.

o iya baca juga cara merencanakan kos-kosan yang baik, disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share